Babinsa Koramil 01/Rengat Pantau Kesehatan Ternak Sapi Warga, Antisipasi Wabah PMK

Babinsa Koramil 01/Rengat Pantau Kesehatan Ternak Sapi Warga, Antisipasi Wabah PMK

MimbarRiau.com, Desa Alang Kepayang (Riau) -- Dalam rangka mewaspadai Penyakit Kuku dan Mulut (PKM) pada hewan ternak, Kodim 0302/Indragiri hulu melalui Babinsa Koramil 01/Rengat melakukan anjangsana berkunjung ke peternakan sapi milik warga.

Pantauan itu dilakukan oleh personil Koramil 01/Rengat tidak hanya pada ternak sapi saja, melainkan ternak Kambing warga juga tak luput dari kegiatan tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 01/rengat, Sertu Rahmansyah yang mendatangi kandang ternak sapi milik warga binaannya bujang di desa Alang kepayang Kecamatan rengat barat, Senin (20/03/2023).

"Mengunjungi masyarakat yang memiliki hewan ternak. Kegiatan ini rutin di laksanakan sampai sudah tidak ada lagi hewan ternak seperti sapi dan kambing yang terkena penyakit PMK," ujar Dandim 0302/Inhu, Letkol kav Dani Prasetyo Wibowo S.Sos  melalui Danramil 01/rengat, kapten inf Ardiyasman.

Danramil juga menghimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau dari daerah lain, "katanya.

Jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah).

“Untuk sementara hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK,” tutup Danramil. (PRS/MR)

 

#Kodim Inhu

Index

Berita Lainnya

Index