Kasdim 0302/Inhu MeWakili Dandim 0302/Inhu Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual Dengan Kemendagri - RI

Kasdim 0302/Inhu MeWakili Dandim 0302/Inhu Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual Dengan Kemendagri - RI

MimbarRiau.com, Rengat (Riau) -- Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian laksakan Kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Secara Virtual, Senin tanggal 27 Februari 2023 di Ruang VIP Lt.4 Kantor Bupati Kab Inhu.

Rapat tersebut yang secara virtual dihadiri oleh Bakri, ST, (Kabag Perekonomian dan SDM Setda Kab. Inhu Mewakili Bupati Inhu), Mayor Inf Kabul (Kasdim 0302/Inhu mewakili Dandim 0302/Inhu ), Iptu Purwanto, SE ( PAUD Min Bag Ops Polres Inhu Mewakili Kapolres Inhu), Arif Sudaryanto, ST, MT( Kadis PUPR Kab. Inhu), Harianis ( Sekretaris BPKAD Setda Kab. Inhu) Kosmas Saragih (Irban Inspektorat Kab. Inhu), R. Rozalinda (Kabid Perikanan Kab. Inhu, Agustian, SE (Kabid Lalu lintas Dishub Inhu Mewakili Kadis Perhubungan), Esau Mngapul Hasulingan Sigiro (Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kab. Inhu), Nurizal Murza Indra, S.Sos, M.Si (Kabid Pengembangan Perdangangan Disperindag Kab. Inhu) Eko Mulyono (Mewakili Bappeda Kab. Inhu), Angga Nuryansyah (Mewakili Bappeda Inhu).

Secara virtual Kemendagri RI Tito Karnavian menyampaikan kemaren beberapa hari yang lalu kita sudah ada pertemuan di Kalimantan dan membahas tentang inflasi, tentunya perlu secara bersama berdiskusi untuk Penyampaian di Rakor Pengendalian Inflasi, "Katanya.

Sebagai Informasi katanya, Provinsi yang angka Penurunan terendah Inflasi adalah Provinsi Bangka Belitung : dengan Angka 4,94 %, dan Kabupaten/Kota yang angka penurunan  terendah inflasi adalah Kabupaten/Kota Marauke dengan Angka 4,41%, "sebutnya.

Selain itu ada beberapa narasumber yang hadir pada saat itu di antaranya dari BPS Dr Puji Ismartini (Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa) yang juga menyampaikan tentang IPH (Indeks perkembangan harga) ini dikembangkan dengan harga yang ada di seluruh kabupaten / kota Se-Indonesia.

"Dikatankannya ada 10 Kab/Kota dengan Penurunan IPH Tertinggi yakni Sumsel : Ogan Komering ilir, Papua : Kepulauan Yapen, Sumsel : Ogan ilir, Maluku : Seram Bagian Barat, Sumut : Nias Utara, Sumut  Nias Barat, Sumsel : Empat Lawan, Sumbar Pariaman". Paparnya.

Sementara untuk 10 Kab/Kota Dengan Kenaikan IPH Tertinggi di antaranya Sulsel : Bantang, NTT Ende, Sumbar  Solok, NTT : Sumba Tengah, NTB Lombok Barat ,Kaltim : Katingan, Sumbar : Sawah Lunto, Sumbar : Kota Solok, Jabar : Garut Jatim Trenggalek.

Sementara dari Narasumber Perwakilan Bappenas RI. Terkait Minyak Goreng, beberapa minggu terakhir ini pasokan minyak goreng DMO, selalu mengalami miss Komunikasi kepada masyarakat. Pasokan saat ini 200 Ribu Ton - 300 Ribu Ton per tanggal 26 Februari 2023, "katanya.

Dan kalau minyak goreng DMO ini, belakang ini 300 Ton pada untuk bulan November 2022 sudah di pasok. Yang dikemas dalam minyakita, terkait dengan komposisi selalu saja adanya perubahan.

Minyakita ini dikemas secara bagus, dan rapi tentu harus ada langkah untuk membatasinya dengan langkah membatasi tentunya Penjualan Melalui Media Sosial. Seperti Tik Tok.

Minyak goreng yang sudah dikemas dan rapi seluruhnya Pemasokan harus masuk ke Pasar pasar Tradisional yang selalu mengikuti perkembangan melalui pihak BPS.

Agar tidak terjadi masalah penumpukkan dan lainya oleh oknum yang mencari keuntungan dan lainya pihaknya melalui satgas pangan terus melakukan pantauan dilapangan. (P4as/MR)

#Kodim Inhu

Index

Berita Lainnya

Index