Gubernur Syamsuar: K3 Harus Menjadi Perhatian Utama Perusahaan

Gubernur Syamsuar: K3 Harus Menjadi Perhatian Utama Perusahaan
Gubernur Riau, H. Syamsuar

MimbarRiau.com, DUMAI- Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) harus menjadi perhatian utama dan perhatian serius seluruh perusahaan yang ada di Provinsi Riau. 

Hal itu disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat menjadi pembina apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di PT Kawasan Industri Dumai, Ahad (12/2/2023). 

Pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul, tidak hanya didukung dengan adanya regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan, namun yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan, termasuk diantaranya membangun budaya K3 yang baik. 

Karena seringkali luput dalam benak, bahwa nikmat selamat dan sehat melalui penerapan budaya K3 yang baik, dapat menghindarkan pekerja dari risiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, yang pada akhirnya akan terwujudnya pekerjaan layak.

Dengan begitu, menurut Gubernur Syamsuar, K3 merupakan suatu kewajiban yang harus diikuiti oleh seluruh perusahaan yang ada di Indonesia, untuk itu Gubri ingin keselamatan pekerja menjadi hal utama bagi perusahaan sebagai bentuk kepedulian kepada pekerja. 

"Kami sangat berharap agar semua prosedur yang telah dipersiapkan oleh pemerintah (tentang K3) harus diikuti semua perushaan," jelas Gubri. 

Selain menjadi kewajiban, K3 juga merupakan hal utama dalam rangka menigkatkan produktivitas yang ada di perusahaan, baik perusahaan industri maupun perusahaan lainnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trnasmigrasi Provinsi Riau, Imron Rosyidi memyampaikan agar K3 menjadi catatan dan perhatian khusus perusahaan untuk tidak mengabaikan norma-norma K3. 

Menururnya, tidak berjalannya prosedur K3 akan menggu proses produksi dan produktivitas para pekerja, seperti banyaknya kehilangan jam kerja. 

"Oleh karenanya, ini (K3) harus menjadi perhatian seluruh perusahaan yang ada di Provinsi Riau," pungkas Imron. (Zha/Mr)

Berita Lainnya

Index