Antisipasi Wabah PMK Pada Ternak Jelang Idul Adha, Ini Penjelasan Peltu Erwinuddin

Antisipasi Wabah PMK Pada Ternak Jelang Idul Adha, Ini Penjelasan Peltu Erwinuddin

Rengat, MimbarRiau.com -- Menjelang hari raya Idhul Adha pengawasan lebih ketat terhadap hewan yang masuk guna untuk mencegah nya wabah penyakit mulut dan kuku(PMK). Seperti yang di lakukan salah seorang anggota Koramil 01/Rengat Peltu Erwinuddin diwilayah binaan nya kelurahan Kampung Dagang, Selasa (6/6/2023).

Pengecekan langsung pada hewan ternak milik warga guna mengetahui hewan ternak yang masuk dari daerah lain betul-betul sudah aman dari virus PMK.

Upaya ini lanjut Babinsa mengatakan pengecekan ini sangat lah perlu dilakukan terhadap hewan ternak yang masuk, karena kita tidak ingin nanti nya hewan ternak yang masuk membawa virus PMK". Ujarnya.

Karena yang paling merugi kan bagi peternak lain nya,untuk itu kita langsung memastikan apa kah hewan ternak yang di datang kan peternak dari luar daerah kita betul-betul sudah aman dari virus PMK.

Karena kita juga tidak mengingin kan gara-gara salah satu peternak wilayah kita tertular wabah virus PMK, "jelasnya.

Melakukan pengecekan langsung kekandang peternak yang sudah untuk hewan ternak nya untuk persiapan hari raya Idul adha,semua hewan ternak nya dalam kondisi sehat dan tidak di temui adanya ciri dan tanda-tanda terkena virus PMK.

Pemantauan dan pengecekan langsung ke kekandang peternak tidak hanya untuk mengecek kondisi hewan ternak nya saja, kedatangan kita merupakan wujud kepedulian seorang babinsa terhadap warga nya agar hubungan silahturahmi TNI dengan rakyat yang sudah ada tetap terjaga.

"Selain itu kita juga memberi himbauan kepada peternak agar tetap menjaga kebersihan kandang,seperti yang saya lihat untuk saat ini kandang kurang masih bersih.

Kedepan nya peternak mau lebih memperhatikan kebersihan kandang, semua nya menyangkut untuk kesehatan hewan ternak yang ada agar tidak terkena penyakit, kebersihan kandang sangat perlu di perhatikan karena dengan kotor nya kandang akan menimbul kan berbagai penyakit akibat nya pernak sendiri yang akan merugi, "pesan Erwin.

Kepada mimbarriau.com peternak juga mengatakan berterima kasih atas kedatangan Babinsa kekandang Sapi dan banyak arahan yang disampaikan kepada saya peternak Babinsa akan kami ikuti dan rasa kepedulian Babinsa terhadap warga nya semoga hubungan baik ini tetap terjalin, "tuturnya. (Prmr/MR).

 

#Kodim Inhu

Index

Berita Lainnya

Index