Forkopimda Inhu Coffee Mourning Bahas Tentang Isu Aktual Inhu

Forkopimda Inhu Coffee Mourning Bahas Tentang Isu Aktual Inhu

Inhu, MimbarRiau.com -- Forkopimda Inhu bersama Nikmati Coffee Morning langsung bersama dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hulu Bapak Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si Allhamdulilah kegiatan Coffee Morning untuk mendiskusikan isu-isu  aktual yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu selasa 23 Mei 2023 di Papa Royal Coffee Shop & Garden Resto Jln. Lintas Pematang Reba-Rengat Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat Kab. Inhu.

Wabup juga menyampaikan Permohonan maaf dari ibu Bupati, yang seyogyanya beliau yang hadir namun jadwal kegiatan yang sangat Padat.

Hadir pada acara tersebut Drs.H.Junaidi Rachmat, M.Si (Wakil Bupati Indragiri Hulu), AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K (Kapolres Indragiri Hulu), Letkol Kav. Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos (Dandim 0302/Inhu), Fauzy Marasabessy, SH, MH (Plt. Kajari Inhu), Bambang Indramawan, S.STP, M.SP (Kaban Kesbangpol Kab. Inhu), Dody Iskandar, SE, M.Sc (Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Inhu), Tukiyat, S.Sos (Kasat Pol PP Kab. Inhu), Arico Novi Saputra, SH (Kasi Intelijen Kejari Inhu mewakili Kajari Inhu), Dwi Joko Prabowo, SH (Kasubsi A Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Inhu), Para PJU Polres Inhu 11. Zulkahesti Melati, SH (Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Kesbangpol Kab. Inhu). 

Coffee Morning yang yang membahas terkait tentang isu isu aktual, berkaitan cuaca hujan, curah hujan dengan banjir dan Cuaca cukup ekstrim dengan tinggi permukaan air yang cukup tinggi, kita harus tau kondisi jalan yang tergenang akibat curah hujan yang banjir, "kata wabup.

Kepada Kesbangpol, terkait Pembahasan Karhutla di coffee Morning yang mana terkait cuaca yang panas dan menyebabkan lahan gambut mudah terbakar menyebabkan Karlahut, untuk itu koordinasi yang baik dengan stek holder yang ada di wilayah Kab. Inhu.

Kita harus memiliki informasi yang akurat dari BMKG, dan gimana kondisi Inhu untuk 1 minggu kedepan.

Selain itu juga ada beberapa informasi, tentang peta kerawanan karhutla, Mulai dari Kecamatan Rengat Barat, ada beberapa desa yang berpotensi rawan karhutla diantaranya Kecamatan Rengat, Kemudian Kecamatan Lirik, di Desa Seluti yang rawan Karhutla. Desa Seko Lubuk Tigo, Kecamatan Pasir Penyu tidak begitu Rawan namun ketika membuka lahan yang harus di Perhatikan.

Wabup juga sampaikan mari sama-sama kita berikan masukan dan tanggapan pada kegiatan Coffee morning kita pagi ini kepada Kaban kesbangpol Terkait masalah ini yang di Sampaikan oleh Pak Kalpolres, Pesan Kami sampaikan ke Dinas Pendidikan, Dinas kesehatan dan Pihak sekolah terkait, "Pesan wabup buka diskusi.

Bambang Indramawan, S.STP, M.SP ( Kaban Kesbangpol Kab. Inhu ) juga sampaikan Maksud dan Tujuan kita adakan Coffee morning ini adalah berkaitan tentang Isu-isu aktual yang ada di Wilayah Kabupaten Indragiri Hulu untuk berdiskusi tentang situasi di Kabupaten Indragiri Hulu ini bersama Forkopimda.

Sementara Penyampaian dari Dandim 0302/Inhu LETKOL Kav. Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos. Saat Coffee morning kita ini sangat penting untuk atensi Kerawan situasi di Kabupaten Indragiri Hulu.

Seperti yang sudah di Sampaikan oleh Pak Wabub, itu pembelajaran bagi kita di tahun tahun sebelumnya tentang pembukaan lahan ini sangat penting kita awasi, yang mana menjadi atensinya Rawan Karlahut, dan ada beberapa masyarakat yang sudah menjadi tempat tersangka, "kata Dandim.

Yang perlu lanjut Dandim Kita harus tau jumlah Perkebunan di Inhu, yang mana pasti rawan bagi masyarakat kita yang akan membuka lahan dengan alat berat dan rawan terjadi Karlahut dan sudah bekali Pelanggaran Hukum bagi masyarakat kita, dan itu semuanya perlu kita lakukan Sosialisasi, "ujarnya.

Himbauan dengan cara buat spanduk atau benner agar masyarakat kita tau Dampak dan Hukum Pidana Karlahut, "terangnya.

"Selanjutnya, terkait masalah Narkoba, Open BO, over Dosis Obat, kita dulu ada bhabinkamtibmas dan babinsa melakukan Bantuan Penyuluhan pada Sekolah Sekolah, mungkin TNI dan Polri ada menemukan atensi masalah ini,Diakhir penyampaianya Dandim juga berpesan kepada Dinas Pendidikan harus ada Sosialisasi atau penyampaian ke Sekolah-sekolah  terkait hal tersebut, "pesan Dandim.

Sementara Penyampaian dari AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K. ( Kapolres Indragiri Hulu ) diacara yang sama, terimakasih kepada Forkopimda Inhu yang sudah hadir yang sudah menaja kegiatan Coffee morning kita hari ini.

Dikatakan dalam penyampaian Kapolres,terkait karhutla kita sudah melakukan Rakor setiap Bulan, guna untuk mengoordinasikan dan melakukan pencegahan kabut asap dan sudah melakukan laporan2 melalui di Grup whatsapp kita, "ujarnya.

Tentang melakukan Penegakan Hukum Tahun 2023 ada 1 tindak Pidana Karlahut kita melakukan ini sudah secara maksimal, dan sudah kita lakukan Sosialisasi tentang Karhutla ke Desa Desa.

Disampaikan juga bahwa Minggu Depan kita akan lakukan Rakor keliling, Baik Ke TNI, KPBD. Kemudian tindak lanjut kita untuk Kedepannya lakukan Patroli Karlahut bersama dan apel Siaga Karlahut di Masing-masing Kecamatan. serta melakukan Pengecekan Embung, Stak Kanal dengan Patroli Bersama, "paparnya.

"Selain itu, terkait Kamtibmas, ada cukup 1 perhatian kita bersama, ada salah satu Kapolsek yang melaporkan informasi permasalahan, ada Salah Satu SMPN di kabupaten Inhu yang melakukan Sex Bebas, yang kita takut kan fenomena Gunung Es, yang kita takut kan adanya Pelaku yang sengaja untuk melakukan itu.

Kita lanjut Kapolres upaya yang dilakukan berawal Razia HP oleh Guru, dan di Cek HP, di lihat ada Open BO disalah satu murid, saat dilakukan koordinasi dengan pihak Guru dengan Polsek setempat,saat di tanya tanya kepada Murid tersebut itu hanya di anggap enteng jawaban dari anak tersebut miris sekali.

Maka dari itu saya sampaikan informasi ini untuk melakukan langkah untuk Mencegah Hal hal yang merusak Generasi Sekolah, pernah kita ada menemukan murid kita yang terlalu banyak mengkonsumsi Obat-obatan secara berlebihan, seperti Paramek, Destro, itu bisa menjadi kekewatiran kita bersama, maka dari itu kita bisa mengantisipasi bersama, dan semoga ada tindakan atau efek jera buat adek kita pelajar."pesan Kapolres.

Marasabessy, S.H., M.H ( Plt. Kajari Inhu) juga yang sebelumnya menyampaikan bahwa Perkenalan bahwa dirinya menjabat di Plt. Kajari Inhu, sebelumnya saya dari Bandung, "ujarnya.

Sedikit kami sampaikan, kita sudah melakukan tindakan Pidana tentang Karhutla, yang mana di Pusat Pesan Presiden, untuk di Bahas tentang Karlahut, baik Polri dan TNI dan terkait tentang Karlahut, kami sudah ada Tim
dan pelanggar karhutla ada yang terkena Sanksi, seperti Copot Jabatan akibat lalai Penanganan Karhutla.

Menurut saya kalau kita buat SOP dan pasti bagus, karena untuk menemukan titik lemah dan tugas dan tanggung jawab. Kami dari Kejaksaan tetap akan melakukan Penyuluhan Hukum kepada Masyarakat,dan terkait Proses tadi, kita harus ada pemetaan kita titik mana yang rawan Karlahut, "ujarnya.

Dikatakan juga bahwa kami Langsung di Tunjuk Kajati, kawanan mana yang di Rambah Hutan lindung  tentu harus sudah ada pemetaan kita bisa jelas, mana kawasannya, dan Penanganan Karhutla ini harus konferensip.

Seperti yang disampaian dari Kapolres tadi, itu sangat perlu kita perhatian, saya kira di Bandung saja, ternyata di Inhu ada, Kajati pernah memerintah kami, untuk turun cek di lokasi, melalui Kasi Intel, dan kita juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Kesehatan.

Diakhir penyampaian Kami juga, kita harus mejaga guru, karena sekarang sudah terbalik yang mana Guru yang sering di Laporin oleh Murid.Kami dari kejaksaan Mendukung Penuh Program2  Pemda Inhu dan Forkopimda Inhu, "tutupnya.

Sementara Penyampaian dari Dody Iskandar, SE, M.Sc ( Kepala KPBD Inhu) 
Kami dari KPBD untuk memantau Karlahut dengan aplikasi Lancang Kuning, aplikasi Lapan Lapan serta Laporan dari Masyarakat dan menyiapkan Posko Kebakaran di Simpang Lima.

Yang selalu pantau oleh aplikasi yang ada di Kantor di Pematang Reba dan telah menyiapkan tenaga Admin yang sudah di Latih oleh Polri, admin ini selalu menginformasikan Titik Hotspot, dan kita juga tetap bersama TNI Polri bersama turun.

Terkait masalah kebutuhan peralatan, yang kami andalkan ada 2 mesin Poler dan Mesin Streker dan itu bisa di bawa 3 atau 4 orang. Kalau mesin Ganca itu Mobilenya susah untuk dibawa bawa begitu juga telah siapkan posko, "jelas dedi.

Tukiyat, S.Sos ( Kasat Pol PP Kab. Inhu) disampaikan bahwa pihaknya dari Satpol PP di masing-masing Kecamatan sudah ada Satgas Karlahut, serta di Kantor Satpol PP standby Satgas Karlahut 30 Personil.

Selalu Patroli di Danau Raja, dan di situ terdapat Lampu remang remang dan rawan kejahatan, tapi allhamdulilah sudah di tangkap pelakunya,juga melakukan Razia jam Sekolah kepada anak-anak yang keluar Jam Sekolah lalu kami lakukan pembinaan.

Selain itu ,Kami sekarang ada namanya Aplikasi Si Atan yang mana Operator ya ada di Markas Satpol PP dan kami sudah berupaya semaksimal mungkin, terkait miras, Kenakalan Remaja, "tuturnya.

Dari penyampian Forkopimda dapat diambil kesimpulan tentang kondisi daerah Inhu diantaranya : 1.Apa yang kita perlukan saat menangani Karhutla harus sudah siap untuk kita hadapi atensi sebelum terjadi Karhutla sesuai dengan SOP penanggulangan Karhutla dengan di dirikannya Posko Bersama.

2. Pesan Kami Ke Kaban Kesbangpol kita harus ada agendakan penyuluhan pemantapan ke Sekolah-Sekolah dengan stekholder terkait mengenai hal tersebut.

3. Kita harus tau luasan Lahan yang tebakar, dan kekuatan Personil yang akan turun, serta titik lokasinya dimana.

4. Terkait dengan posko bersama, kita sudah bisa jalankan darurat karhutla ini karena SK dari Bupati sudah selesai dan sudah ada legailtas untuk mengaktifkan kembali Posko bersama ini.

Giat Coffee Morning dipimpin oleh Moderator Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hulu Bapak Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si ada beberapa hal yang menjadi kesimpulan dan berakhir pada kegiatan Coffee Morning hingga menjelang siang hari. (PRMR/MR)

 

#Bupati Inhu

Index

Berita Lainnya

Index