Tekan Inflasi dan Ketahanan Pangan, Dandim Inhu Rapat Vitcon Dengan Jajaran Koramil

Tekan Inflasi dan Ketahanan Pangan, Dandim Inhu Rapat Vitcon Dengan Jajaran Koramil

MimbarRiau.com, INHU - Untuk menekan Inflasi dan meningkatkan ketahanan pangan,  Komandan Kodim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo,S.Sos, M.IP. melaksanakan rapat ketahanan pangan secara Vitcon dimakodim 0302/Inhu yang diikuti para Danramil Koramil jajaran, kepala Desa,PPL , Karang Taruna dan Ketua PKK .

Melalui Video confren terkait ketahanan pangan melalui Kampung Pancasila yang telah di bentuk oleh Kodim 0302/Inhu.Di Makodim 0302/Inhu, Jl.R.Suprapto, Kelurahan Sekip Hilir,Kecamatan Rengat.
Kemaren, Selasa (28/02/2923)

Rapat Vitcon tersebut, Komandan Kodim 0302/Inhu Letkol Kav. Dani Prasetyo Wibowo, S.SOS,M.I.P didampingi oleh Pasiter Kodim 0302/Inhu Kapten Inf Aplison, Dedi Dianto, SP Kadis Kadis Pertanian Kabupaten Indragiri Hulu, Ir.Hj Isnidar kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu, Kabid Tanaman pangan dan holtikuktura Yulia Istaryati, fungsional tertentu penyuluhan pertanian ahli pertama Sriheri Adiyono ,Kepala Bidang firdayanti Spi ,fungsional ahli muda M. Kadafi,serta perwakilan dari Bapemaspemdes Raja amrah.
 

Dalam pelaksanaan rapat tersebut Dandim 0302/Inhu Letkol Kav. Dani Prasetyo Wibowo, S.SOS,M.I.P., saat vitcon menyampaikan Sesuai dengan instruksi pemerintah pusat Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo  Samapi ke Gubernur agar melaksanakan ketahanan pangan.

Sementara Untuk  TNI - AD perintah   Kasad Jendral TNI Dr.Dudung Abdurachman agar TNI AD melaksanakan ketahanan pangan guna menekan inflasi untuk ketahanan pangan nasional.

Program ketahanan pangan ini sudah di canangkan oleh Kodim 0302/Inhu melalui Kampung Pancasila yang sudah di program oleh Angkatan Darat. untuk ketahanan pangan ini kita mulai dari ketahanan pangan mandiri dengan memamfa'atkan pekarangan rumah guna membantu perekonomian warga dalam mengatasi inflasi" ungkap Dandim.

Kedepannya kita akan jadikan Desa Kampung Pancasila ini jadi Kampung model atau Kapung percontohan dalam ketahanan pangan bagi Desa yang lain," ucap Dandim.

Supaya ketahanan pangan ini betul - betul  produktif, Komandan Kodim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo  menekankan kepada Para Komandan Koramil dan Babinsa  agar betul - betul melaksanakan perintah ini dan selalu berkoordinasi dengan dinas terkait dalam pelaksanaan nya.

Tampak saat vitcon Danramil 04/ pasir penyu juga tampak hadir  Kades Desa Candirejo, Kecamatan pasir penyu, KadesDesa Sidomulyo, Kecamatan lirik, Danramil 01/ rengat,Kades Desa Rawabangun kecamatan Rengat, Danramil/03 seberida Kades desa beligan dari Kecamatan seberida, Kades desa kerubung Jaya Kecamatan Batang cenaku, selanjutnya Danramil 05 /peranap Kades Desa Sukamaju batang peranap, Selain para kades juga ikut Ketua karang Taruna, ketua PKK dari tiap Desa tersebut dan PPL.

Sementara dari kadis Pertanian dan Perikanan Dedi Dianto, Sp juga menyampaikan Siap membantu program ketahanan pangan yang di Motori oleh Kodim 0302/Inhu untuk menekan Inflasi.

Dinas pertanian akan melaksanakan pendampingan melalui PPL untuk mengajarkan pola- pola pertanian mulai dari pembibitan, penanaman hingga perawatan. Kesuksesan kita dalam ketahanan pangan ini adalah kesuksesan kita bersama Kabupaten Indragiri Hulu.

Dari Dinas Ketahanan Pangan Ir.Hj. Isnidar sangat mensuport ketahanan pangan kampung Pancasila dalam menekan Inflasi, ia juga menyampaikan untuk ketahanan pangan jangan terpokus kepada padi, kita bisa menanam sayur - sayuran di sekitar pekarangan rumah dan juga bisa menggunakan media polibag.
Di harapkan sayur - sayuran yang di tanam jangan cuma untuk di konsumsi sendiri kita usahakan sampai bisa kita pasarkan," Ucap Buk Isnidar.

Sementara dari Kadis Pemerintahan Desa yang diwakili oleh R.Amrah Djas menyampaikan bahwa dengan adanya program ketahanan pangan Desa bisa menggunakan anggaran Desa sekitar 20% saat ini ada 12 Desa yang telah berjalan dari 14 kecamatan"ujarnya.(P4as/Mr)

#Kodim Inhu

Index

Berita Lainnya

Index