Bupati Rohil Lakukan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Melantik Pejabat Penghulu di Lapangan Perumnas Bagan Batu

Bupati Rohil Lakukan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Melantik Pejabat Penghulu di Lapangan Perumnas Bagan Batu

Bagan Batu, Mimbarriau.com -- Untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di 4 kecamatan di kab.rokan hilir bupati rokan hilir Afrizal Sintong S.IP M.SI melantik Pj kepenghuluan dan 3 kepenghuluan yang dipilih oleh masyarakat (defenitif) berhubung masa jabatan datuk penghulu sudah habis dan digantikan oleh beberapa Pj yang notabene adalah ASN dari tiap-tiap kecamatan, namun kalau yang 3 kepenghuluan adalah dari masyrakat yang telah di pilih oleh masyarakat langsung, dan mendapat kepercayaan dari masyarakatnya masing-masing.

Sesuai dengan perhitungan dan pidato bapak bupati rokan hilir Afrizal sintong ada,18 Pj yang dilantik dan 3 (orang) defenitif (dipilih oleh masyrakat) yang di lantik dan diambil sumpah bertempat dilapangan perumnas, kecamatan bagan sinembah, kabupaten rokan hilir Prov Riau, Jum"at (26/1/2024) sekira jam 14.30 wib.

Pantauan awak media dilapangan, acara dimulai dengan menyanyikan lagu indonesa raya, bertindak sebagai dirjen ibu kadus kepenghuluan bagan manunggal, setelah selesai disambut dengan tarian dendang melayu makan sirih ini, dibawakan oleh siswa/siswi SMP.N.1 Bagan Sinembah, kemudian kata sambutan dari protokol, dilanjut dengan menyanyikan himne rokan hilir dan disambung dengan mars PKK, setelah selesai di sambung dengan pembacaan keputusan bapak bupati rokan hilir, dan pengambilan sumpah ini dimpin langsung oleh bapak bupati rokan hilir Afrizal Sintong SIP.M.Si.

Sebelum bapak bupati rokan hilir berpidato terlebih dahulu melantik para PJ kepenghuluan dan datuk penghulu/Datin penghulu yang defenitif di 4 kecamatan yang ada di kab.rokan hilir prov.riau, berikut nama-nama pejabat (PJ) yang dilantik dari kecamatan bagan sinembah.

Datuk penghulu bagan batu, Adnursyah A.md, Datin penghulu Bhayangkara jaya, Ronal Marpaung penghulu meranti makmur inilah yang defenitif di kecmatan bagan sinembah dan yang PJ di kecamatan bagan sinembah,Pj penghulu pelita Muhammad Hasbi, PJ penghulu Gelora Mukhtar, PJ penghulu bagan manunggal Murti Wahyuni, PJ penghulu sapta permai Sutejo S.pd,PJ penghulu jaya agung Daeng Fuad Affandi dan PJ penghulu Bahtera makmur Asnawi,S.IP.

Di kecamatan bagan sinembah raya (basira) PJ penghulu salak, Yusni Wilya, PJ penghulu panca mukti Erlina wati, PJ penghulu bagan sinembah barat, Erna susanti dan PJ penghulu bagan sinembah utara,Imran nasution.

Di kecamatan balai jaya,PJ penghulu pasir putih, Eka iskandar, PJ penghulu pasir putih utara, reza fahlevi lubis dan PJ penghulu kencana Sudarto.

Di kecamatan tanjung medan PJ penghulu sungai tapah,Adi Mustafa PJ penghulu perkebunan tanjung medan Cendrawasih, PJ penghulu tanjung sari, Rahmadi, PJ penghulu srikayangan, suraida dan PJ penghulu pondok kresek, Sangkot siregar.

Setelah selesai dilantik secara serentak protokol pun memberikan waktu kepada bapak bupati rokan hilir untuk memberikan ucapan selamat dan kesan kepada para pejabat dan pejabat yang telah di lantik.

Dengan penuh memakai waktu dan kondisi bapak bupati rokan hilir Afrizal sintong mengambil waktu berpidato selama  30 menit, dalam pidatonya bapak bupati rokan hilir tetap mengedepankan penghormatan, pertama ditujukan kepada ibu anggota dewan ibu maria tambunan, mantan ketua DPRD, para asisten Forkomindo, pak kapolsek mewakili kapolres rokan hilir, pak danramil mewakili Dandim rokan hilir kemudian para camat yang hadir, para ormas kemasyarakatan, tuan guru/alim ulama/nini mama/dan para datuk penghulu beserta rekan-rekan media yang saya hormati menutup kata-kata sambutan.

Bapak penghulu/Datin penghulu yang baru dilantik selamat bertugas di tempat yang telah di tentukan, jadi datuk penghulu harus beda karena berurusan dengan masyrakat dan bersentuhan langsung, dan masyrakat yang di hadapi ada yang pintar ada yang hebat dan adapula yang gila, dan ini perlu di garis bawahi datuk penghulu tak boleh dompet kosong, karena kita bersentuhan langsung dengan masyarakat dan jangan sombong, jangan pula ada masyarakat mengatakan.

Payah botul datuk penghulu ko dijumpai dan kepada masyarkat apabila datuk penghulu/datin penghulu payah di jumpai sampaikan sama bapak bupati biar saya pindahkan sambil bercanda, ini sangat perlu juga saya katakan disini bahwa gaji RT/RW naik 500.000/bln dan BPEkep 1 juta/bulan untuk anggota jadi kalau yang belum cair minggu depan akan dibayarkan, untuk itu RT/RW harus bekerja sama dengan datuk penghulu/datin penghulu, jangan pula ada bahasa,

"Kami tak bisa di pecat karena sudah memiliki SIPD itu kami yang buat bisa di tukar cetus bapak bupati rokan hilir Afrizal sintong S.IP.M.SI di tambahkanya lagi bahwa di kabupaten rokan hilir ini 11 kecamatan terdampak banjir kurang lebih 42.000 KK kena musibah banjir, dulu di kabupaten rokan hilir ini banjir membawa berkah, banyak kayu, banyak ikan kini apapun tak ada yang ada buayalah yang banyak, sebab di rokan hilir ini musim hujan banjir, musim kemarau karlahutla begitulah.

Apalagi sekarang musim politik dan sebentar lagi kita akan pesta demokrasi mulai dari DPRD kabupaten DPR propinsi DPR Republik Indonesia dan pemilihan Presiden untuk itu terkhusus kepada RT/RW harus jalan suruh datang ke TPS itu menjadi tanggung jawab kita bersama jangan golvut ajari masyarakat itu cara mencoblos kalau sakit antar surat suara ke rumahnya.

Dan sekarang kita lagi menyusun kepengurusan linmas dan di wajibkan 2 orang 1 TPS karena adanya pengganti uang minyaknya sebesar RP.250.000 /satu orang sebab kita di kabupaten rokan  hilir ini ada 1868 TPS itulah di kali 2 linmas jadi tolong ya kerja samanya.

Kalau masalah yang sekarang lagi bergeming di kabupaten kita ini adalah tentang infrastruktur, tapi ingat itu jl.pujud mahato dan seterusnya itu sudah masuk jl propinsi, sineboy, jl pekaitan jadi hati-hati bersosmed diserang pula bupati padahal itu jl propinsi, dan yang terakhir ini jl ring-road ini sudah kami ajukan jl.nasional mudah-mudahan terealisai biar pemerintah pusatlah yang mengerjakannya  tutup bapak bupati rokan hilir Afrizal Sintong S.IP.M.Si. (Manik/MR)

 

Berita Lainnya

Index