Tidak Hanya Manusia Dievakuasi dan Diungsikan Tapi Sapipun Diungsikan, Ini Kata Camat Rengat Barat Lisnar Manaf

Tidak Hanya Manusia Dievakuasi dan Diungsikan Tapi Sapipun Diungsikan, Ini Kata Camat Rengat Barat Lisnar Manaf

Mimbarriau.com, Rengat Barat – Akibat dari terjangan banjir yang melanda Desa Alang Kepayang Kecamatan Rengat Barat Puluhan hewan ternak sapi  terpaksa dievakuasi akibat banjir yang disebabkan oleh hujan deras yang melanda yang berakibat banjir Desa tersebut.

Banjir yang melanda berakibat merendam kandang sapi hingga mencapai tingkat yang mengkhawatirkan sejak banjir sekitar dua minggu yang lalu merupakan Desa Alang Kepayang yang pertama kali di kecamatan Rengat Barat sudah digenangi air dan sekarang kondisi sudah mulai turun akan.

Saat dihubungi Camat Rengat Lisnat Manaf kepada mimbarriau.com membenarkan adanya sapi warga yang di evakuasi yang saat ini diletakkan di belakang agak jauh dari makan kota lama, "katanya.

Evakuasi ternak tersebut lanjut Lisnar ada sekitar 70 ekor ternak milik warga Alang kepayang diungsikan, dan ternak tersebut dibuatkan kandang darurat ada sekitar 7 kandang darurat.yang dibuat oleh peternak secara bersama sama, "paparnya.

Ternak sapi yang telah dibuatkan kandang secara darurat tetap dilakukan penjagaan oleh para peternak secara bergantian jika pada malam ada sekitar 12 orang petetnak yang menjaganya dan telah dibuatkan tenda dari KPBD, "tambahnya.

Diakui Camat bahwa kondisi banjir ini tidak hanya lahan dan kandang sapi yang terdampak, sejumlah rumah di sekitar lokasi juga ikut terendam banjir, alhamdulillah hari ini sabtu (13/01/2024) sudah mulai ada penurunan debit air, "ungkapnya.

"Selain itu, dari dampak banjir yang ada di Desa Alang Kepayang tidak hanya Sapi yang di evakuasi melainkan juga ada sedikitnya 65 Kk yang sudah dievakuasi untuk diungsikan akan tetapi warga yang diungsikan warganta lebih mau diungsikan ditempat keluarga kerabat di Desa Kota lama. "Jelas Lisnar.

Ditempat terpisah salah satu peternak yang juga aparat Desa yang tak mau disebutkan namanya kepada mimbarriau.com mengatakan bahwa awalnya banjir hanya mengenangi sebagian kecil dari lahan tempat kandang sapinya. Namun kenaikkan debit air sangat cepat sehingga kandang tergenang.

“Akhirnya sapi sapi warga Desa Alang kepayang harus diungsikan di Desa Kota lama saat ini Ada sekitar 70 ekor sapi harus diungsikan karena air terus naik ke dalam kandang,” ujarnya. 

“Sapi-sapi ini sebanyak 70 ekor sapi tersebut telah kembali ke kandang asalnya jika banjir sudah surut.“Kandang sudah bisa ditempati lagi sejak pagi tadi karena air mulai surut,” tambahnya. (Pras/Mr)

 

Berita Lainnya

Index