Berhasil Kumpulkan Rp 11 Miliar Lebih, Baznas Riau Segera Serahkan Bantuan untuk Palestina ke Baznas Pusat

Berhasil Kumpulkan Rp 11 Miliar Lebih, Baznas Riau Segera Serahkan Bantuan untuk Palestina ke Baznas Pusat

PEKANBARU,MimbarRiau.com – Setelah melakukan rekapitulasi pasca menggelar acara tabligh akbar untuk Palestina, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau mengumumkan total dana yang sudah dihimpun hingga saat ini. Besaran total Rp 11.165.636.501.

Ketua Baznas Riau, H Masriadi Lc M.Sha saat jumpa pers di kantor Baznas Provinsi Riau, Senin (20/11/2023) mengatakan, sesuai arahan Baznas kepada seluruh Baznas di Indonesia untuk melakukan penggalangan dana guna membantu Palestina, maka Baznas sudah menggelar acara penggalangan dana yang puncaknya dilaksanakan saat tabligh akbar, 10 November 2023 lalu.

Selain itu, Baznas Provinsi Riau juga melakukan penggalangan donasi melalui berbagai media mencakup pengerahan relawan, iklan ajakan donasi di media sosial, ajakan langsung, dan strategi lainnya.

‘’Puncak penggalangan donasi dilaksanakan pada tanggal 10 November 2023, di halaman Masjid Agung Annur Provinsi Riau. Acara ini dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat Riau, termasuk pemerintah, lembaga-lembaga, forum zakat, masjid, paguyuban, sekolah-sekolah, pondok pesantren, kantor-kantor, bahkan individu,’’ ujarnya.

Penggalangan dana dilakukan lewat transfer, penyerahterimaan bantuan tunai, hingga kontribusi berupa emas, barang-barang, kendaraan bermotor, dan bentuk lainnya. Sejak dimulai pada tanggal 1 Oktober 2023, hingga tanggal 17 November, jumlah donasi yang terkumpul mencapai angka yang mengesankan.

Donasi yang masuk berasal dari masyarakat Provinsi Riau, termasuk kontribusi dari lembaga-lembaga zakat, Baznas se-Provinsi Riau, pemerintah, lembaga majelis taklim, dan berbagai organisasi kemasyarakatan.

Rincian Donasi:

Terkumpul di Baznas Provinsi Riau: Rp. 5.641.598.280

Baznas Kabupaten yang telah menyetor ke Pusat: Baznas Siak: Rp. 1.350.000.000

Dana LAZ yang masuk ke Foz: Rp. 2.286.120.956 (Disalurkan langsung)

Baznas Kabupaten Kota melaporkan pengumpulan ke Baznas Riau: Rp. 1.887.917.265

Jadi se-Provinsi Riau berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 11.165.636.501. Kontribusi besar ini menunjukkan dukungan yang solid dari seluruh lapisan masyarakat dan lembaga di Provinsi Riau untuk saudara-saudara di Palestina.

InsyaAllah, donasi sejumlah Rp. 5.641.598.280 yang telah terkumpul di Baznas Provinsi Riau akan diantarkan pada hari Rabu, tanggal 22 November 2023, ke Baznas RI. Selanjutnya, dana tersebut akan disalurkan ke Palestina melalui jalur resmi dari pemerintah.

Pada kesempatan ini, kami, segenap pelaksana, Baznas Provinsi Riau, Yayasan Tabung Wakaf Ummat, dan Ustadz Abdussomad Official, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Riau, terutama Pemerintah Provinsi Riau, yang telah memfasilitasi terlaksananya Tabligh Akbar di Masjid Agung Annur Provinsi Riau.

‘’Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Forum Zakat (FOZ), Baznas-Baznas Kabupaten, lembaga-lembaga masyarakat, masjid-masjid, sekolah-sekolah, pondok pesantren, dan semua pihak yang turut serta dalam penggalangan dana ini,’’ tutupnya. (Chdy)

Berita Lainnya

Index