Riau tawarkan 12 destinasi wisata pada libur Lebaran 2024

Riau tawarkan 12 destinasi wisata pada libur Lebaran 2024
Istana Siak (ANTARA/dok)

MimbarRiau.com - Dinas Pariwisata Provinsi Riau menawarkan 12 destinasi wisata berupa wisata alam, budaya, sejarah dan kesenian yang bisa dinikmati wisatawan lokal, nusantara dalam memanfaatkan momen libur Lebaran 2024.

"Pada momen Idul Fitri 2024 sebanyak 3,4 juta jiwa pergerakan wisatawan lokal diyakini menuju belasan destinasi wisata di Riau bakal ramai pada 11-14 April 2024. Pemerintah Provinsi Riau sudah mematangkan persiapan dengan 12 kabupaten dan kota di Riau," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat di Pekanbaru, Senin.

Roni Rahmat mengatakan sebanyak 12 dinas pariwisata pada kabupaten dan kota di Riau kini sudah melakukan berbagai persiapan dalam menyambut kunjungan wisatawan lokal juga nusantara antara lain menerbitkan surat edaran terkait persiapan destinasi wisata unggulan masing masing daerah.

Selain itu, katanya, Dinas Pariwisata Provinsi Riau bersama 12 Dispar di kabupaten dan kota di Riau juga melakukan pemantauan dan pengawasan di sejumlah destinasi wisata guna memastikan keamanan dan keselamatan pengunjung.

"Kami juga telah membina para pengelola khusus objek wisata alam dalam meningkatkan pelayanan dan keamanan destinasi wisata. Mereka siap mengantisipasi lonjakan pengunjung, antisipasi pada lokasi yang rawan kecelakaan dan berpotensi berbahaya terutama wisata alam. Sebab keselamatan pengunjung menjadi prioritas," katanya.

Selain itu pengelola wisata perlu memantau perkembangan cuaca melalui media dan situs resmi BMKG guna mendukung kewaspadaan menjaga keselamatan pengunjung.

"Utamakan keselamatan pengunjung sarankan mereka untuk memilih destinasi liburan yang aman dan nyaman bagi anak anak dan anggota keluarga lain, dilengkapi dengan alat keselamatan dan pelindung diri saat berwisata. Selain itu perhatikan kondisi fisik saat berlibur terutama menghadapi musim hujan. Perhatikan prosedur keselamatan dan keamanan yang mengacu pada standar SNI CHSE," katanya.

Selain terjadi lonjakan jumlah kunjungan wisatawan, katanya lagi, maka otomatis okupansi hotel bisa mencapai 40 persen.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Riau tercatat sebanyak 12 lokasi wisata unggulan pada masing-masing daerah yakni Kota Pekanbaru terkenal dengan Asia Heritage dan pusat perbelanjaan. di Kota Dumai ada Pantai Teluk Makmur dan Pantai Koneng.

Di Kabupaten Kampar terkenal objek wisata di kawasan Danau PLTA, serta agenda Hari Raya Enam (16 April 2024), berikut di Kabupaten Kuantan Singingi terkenal dengan kegiatan Perahu Baganduang digelar pada 15 April 2024, di Kabupaten Kepulauan Meranti tentang Pantai Beting Beras, di Kabupaten Rokan Hilir dengan Taman Kota Bagansiapiapi, dan Tepian Sungai Rokan Batu Enam.

Selain itu di Kabupaten Pelalawan terkenal dengan objek wisata Danau Tajwid dan di Kabupaten Indragiri Hulu potensi wisata walam Danau Raja, agenda festival pacu sampan tradisional, serta di Kabupaten Siak degan wisata favorit Kawasan Istana Siak, Kawasan Jembatan Kaca (Skywalk Tengku Buwang Asmara) dan kawasan Mempura, Tangsi Belanda.

"Untuk di Kabupaten Rokan Hulu terkenal dengan objek wisata Masjid Madani Islamic Center, air terjun selancar. Sedangkan di Kabupaten Indragiri Hilir

ada Pantai Solop, dan di Kabupaten Bengkalis yakni Pantai Selat Baru, Pantai Rupat dengan keunggulan pasir pantai nan putih memukau itu, juga Festival Lampu Colok di gelar pada 7 April 2024," demikian Roni Rahmat. *

Berita Lainnya

Index