Pasca Banjir, Kini Pekanbaru Mulai Terancam Karhutla

Pasca Banjir, Kini Pekanbaru Mulai Terancam Karhutla
Ilustrasi

MimbarRiau.com – Pasca dua bulan lebih dilanda banjir, kini Kota Pekanbaru, Riau mulai dihadapkan dengan dengan bencana kebakaran lahan. Data terbaru, kebakaran lahan sudah mulai terjadi di Kecamatan Tenayan Raya, sekitar awal Februari 2024.

‘’Kebakaran lahan mulai terjadi di Kota Pekanbaru. Data terbaru, terjadi kebakaran seluas 10 x 50 meter lahan di Kecamatan Tenayan Raya, sekitar awal Februari 2024,’’ ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra, Kamis, (29/2/2024).

Dikatakannya, kebakaran lahan terjadi walaupun kondisi hujan masih sesekali mengguyur Kota Pekanbaru. Karena ada juga hari yang sangat panas dan menyebabkan kebakaran di lahan yang kering seperti pada awal bulan lalu.

Karena itu, Zarman meminta jajaran pemerintah mulai dari camat dan Forkopimcam masing-masing daerahnya menggiatkan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada warga. Seperti tidak membuka lahan dengan cara dibakar, tidak membuang bara api, puntung rokok sembarangan, serta selalu saling memperhatikan apabila ada lahan terbuka di wilayah pemukimannya.

"Kami mohon agar imbauan kami untuk mencegah Karhutla ini disampaikan kepada RT/RW dan warga. Agar pencegahan Karhutla yang lebih utama dan efektif. Kemudian, antisipasi kita lebih cepat," jelasnya.

Sementara itu, apabila terjadi kebakaran lahan, Zarman meminta warga saling bahu-membahu membantu memadamkan. Namun, bila api diperkirakan tidak bisa dipadamkan sendiri, maka segera hubungi call center BPBD Kota Pekanbaru di nomor 08117651464. *

Berita Lainnya

Index