Diduga Menampung TBS dari Kebun Ilegal, YBSN Akan Layangkan Gugatan Class Action Terhadap PKS BMK Tapung

Diduga Menampung TBS dari Kebun Ilegal, YBSN Akan Layangkan Gugatan Class Action Terhadap PKS BMK Tapung

PEKANBARU (MIMBARRIAU) - Setelah viral diberbagai platform Media, baik dimedia sosial maupun media siber dengan berbagai judul berita yang menuai banyak kecaman dari berbagai elemen masyarakat terhadap PKS BMK Tapung, salah satunya datang dari Yayasan Bertuah Sakti Nusantara (YBSN). 

Yayasan yang sehari-hari concern dibidang lingkungan ini nampaknya sangat Jengkel dengan ulah PKS BMK Tapung yang diduga kuat menampung atau membeli TBS dari kebun ilegal. 

Dikatakan Anton Hidayat, SH selalu Ketua YBSN bahwa sumber TBS dari kebun ilegal tersebut merupakan milik roden atau biasa dikenal kebun roden yang sudah ditetapkan oleh Hakim PN Bangkinang bersalah karena telah mengalih fungsikan Areal Konservasi Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (TAHURA SSH) Menjadi perkebunan Kelapa sawit dengan nomor perkara 34/pdt.G/LH/Pn Bangkinang.

"YBSN akan layangkan gugatan Class Action terhadap PKS BMK Tapung yang sudah terang-terangan membeli TBS yang diduga bersumber dari kebun ilegal milik Roden yang sudah ditetapkan bersalah oleh Pengadilan Negeri Bangkinang," Ujarnya. jum'at (23/2/2024)

Anton mengancam akan melakukan penghijauan swadaya serta tindakan lain apabila KLHK tidak melakukan penghijauan dikebun milik roden. 

"YBSN akan meminta KLHK untuk melakukan pengijauan di areal kebun Roden tersebut, Kalau tidak YSBN Akan melakukan penghijauan Swadaya serta tindakaan lain untuk menyelamatkan kawasan konservasi Alam TAHURA SSH sesuai dengan fungsi nya," Cetusnya. 

"Kalau seandainya semua pihak kompak untuk tidak menerima TBS yang bersumber dari kebun ilegal maka TBS akan sulit terjual dan Pemerintah akan lebih mudah melakukan rehabilitasi terhadap seluruh kebun yang ada di TAHURA SSH agar dikembalikan pada fungsinya sebagai sebagai kawasan pelestarian alam," Cetusnya. 

Ditambahkan Anton selain melayangkan gugatan class action terhadap PKS BMK Tapung pihaknya juga akan melakukan investigasi terhadap PKS - PKS lainnya yang berada di sekitar areal TAHURA SSH.

"Kita akan serius dan sepenuh hati untuk melakukan hal ini," Tegas Anton dengan semangat. (Jirin) 

Berita Lainnya

Index