Ini Cara untuk Membersihkan Toren dari Lumut

Ini Cara untuk Membersihkan Toren dari Lumut

MimbarRiau.com - Ada beberapa cara yang efektif dan juga praktis untuk membersihkan lumut yang bersarang di toren atau tangki air.

Lumut memang menjadi salah satu sumber masalah yang sering kali dikeluhkan oleh masyarakat yang menggunakan toren.

Kendati banyak dikeluhkan, toren merupakan salah satu alternatif yang sering dipilih adalah sebagai penampungan air. Meski toren dianggap praktis, namun seringkali menyimpan masalah, salah satunya adalah keberadaan lumut.

Lumut bukan hanya menjadi masalah, tetapi juga dapat memengaruhi kualitas air yang disimpan dalam toren.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara atau trik jitu yang bisa dilakukan untuk membersihkan toren.

1. Sabun Cuci Piring dan Air Panas:

Buang air dalam toren, lalu gunakan spons kasar dan sabun cuci piring untuk membersihkan bagian dalam toren. Jika lumut masih sulit dihilangkan, gunakan air panas untuk membantu membersihkan.

2. Air Garam:

Campurkan garam ke dalam air bersih, lalu gunakan campuran ini untuk mengguyur dinding toren. Sikat dengan bersih dan bilas hingga lumut hilang.

3. Cuka Putih:

Jika air garam tidak efektif, cuka putih bisa menjadi pilihan lain. Campurkan cuka dengan air bersih dan gunakan untuk mengguyur dinding toren. Sikat hingga bersih dan bilas berulang kali.

4. Air Kapur:

Kapur bersifat keras dan dapat membantu mengelupaskan kerak yang menempel di dinding toren. Campurkan kapur tulis yang dihaluskan dengan air, lalu gunakan campuran ini untuk membersihkan toren.

Selain membersihkan toren secara periodik, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar lumut tidak mudah tumbuh kembali.

Salah satunya adalah melakukan penyiraman kloset secara periodik agar air bergerak dan lumut tidak mudah tumbuh. Anda juga bisa membeli tablet pembersih kloset yang dapat membersihkan tandon dan seluruh saluran air dari lumut.

Untuk toren air bersih yang berada di luar rumah, letakkan toren di area yang teduh dan minim cahaya matahari.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengecat toren dengan warna hitam untuk mencegah sinar matahari masuk ke dalam toren, karena lumut mudah tumbuh dan berkembang biak jika terlalu sering terpapar sinar matahari dalam jangka waktu berjam-jam.

Dengan perawatan yang tepat, toren dapat tetap berfungsi dengan baik dan menjaga kualitas air yang disimpan di dalamnya. (*) 

Berita Lainnya

Index