Keceriaan Disaat Bencana Alam, Masyarakat Desa Kampung Pulau Ciptakan Momen Dibalik Musibah Banjir

Keceriaan Disaat Bencana Alam, Masyarakat Desa Kampung Pulau Ciptakan Momen Dibalik Musibah Banjir

Rengat, Mimbarriau.com -- Bencana Alam yang melanda Kabupaten Indragiri Hulu yang hampir setiap Kecamatan dan Desa terendam banjir yang Salah satu wilayah yang tak mulut dari terdampak banjir akibat meluapnya sungai Indragiri yang berada di Desa Kampung Pulau Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.

Beberapa rumah warga sudah ada yang kemasukan air, walaupun kondisi didalam rumah airnya tidak tinggi, dan aktivitas warga walaupun terganggu, tapi masih berjalan dengan berbagai upaya yang salah satunya seperti menggunakan fasilitas sampan untuk beraktifitas dan desa ini tidak ada warganya yang mengungsi.

Pantauan Mimbarriau.com masyarakat desa kampung pulau dengan kondisi banjir yang cukup lumayan warga desa memanfaatkan banjir tersebut dijadikan momen untuk mengurasi stres warga mengisi dengan permainan atau lomba pacu sampan dengan semboyan warga "Dari kita untuk Kita.

Acara tersebut yng terletak dilapangan sepak bola mini didesa kampung pulau juga terendam hingga mencapai sekitar 60 cm hingga 100cm karena memang berada didataran rendah.

Bahwa permainan itu dibuat dengan aturan peserta terdiri dari 2 orang satu sampan/kelompok yang diikuti warga desa Kampung pulau dan Desa tetangga Kelurahan Kampung Besar Sebrang 
Ternyata diluar dugaan acara ini sangat banyak diminati, terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar termasuk Desa tetangga.

Saat dihubungi oleh Aprianto Sekdes Kampung pulau selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan, acara ini kita buat utamanya untuk hiburan, dari kita untuk kita, "katanya.

Selanjutnya dengan kondisi banjir ini kita Memanfaatkan situasi ini dengan acara ini selain untuk kegembiraan bagi warga juga pacu sampan ini yang memang berhubungan dengan budaya kita.

Menurutnya, ada sisi positif yang kita dapatkan saat acara ini, salah satunya adalah bertambahnya pendapatan para pelaku UMKM Desa Kampung Pulau, karena jumlah penonton yang lumayan ramai, sehingga membuka peluang untuk berjualan," Ungkapnya.

Ditempat terpisah Babinsa Desa Kampung Pulau Pelda M. Pohan yang juga sudah menjadi warga disana  menyampaikan kepada warga," agar tetap waspada dan selalu berhati hati dalam melaksanakan kegiatan sehari hari, baik itu dirumah ataupun dikebun,"ujarnya.

Karena banjir seperti ini binatang buas seperti buaya dan bintang berbisa akan banyak keluar mencari tempat yang kering dan lebih tinggi.

Bahwa dengan kondisi ini kita warga masyarakat jangan lengah terhadap orang orang yang mungkin memanfaatkan situasi banjir seperti ini untuk mencari keuntungan pribadi, misalnya mengambil barang yang bukan haknya, mari kita saling menjaga," tutupnya.

Diakhir perlombaan pacu sampan tersebut berhasil meraih juara dari Kelompok Todak dari Kampung Besar sebrang  sebagai pemenang juara satu, dan Sahabat Tedy dan Iyak sebagai tuan rumah juara Kedua.

Sebelumnya acara tersebut telah dilaksanakan telah berjalan selama tiga hari, sore ini acara secara resmi ditutup oleh sekdes Desa Kampung Pulau dalam keadaan aman dan tertib dan masyarakat terasa bahagia dengan tontonan tersebut. (Pr4as/Mr)

 

Berita Lainnya

Index