Dengan Pendampingan dan Pemantauan Babinsa Koramil 01/Rgt Aktif Lakukan pengecekan Hewan Ternak Warga

Dengan Pendampingan dan Pemantauan Babinsa Koramil 01/Rgt Aktif Lakukan pengecekan Hewan Ternak Warga

Mimbarriau.com, Rengat -- Mengatasi PMK tentu terus lakukan upaya pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak, Babinsa Koramil 01/Rengat.

Sertu Eli suprian melakukan kegiatan pendampingan dan pemantauan terhadap hewan ternak milik warga.

Supaya dapat untuk mengantisipasi hewan ternak warga aman dari penyakit PMK, khususnya yang ada di wilayah binaannya di Desa Rawa bangun,kecamatan Rengat Selasa tanggal (02/01/2024).

Sertu Eli suprian kepada mimbarriau.com mengatakan bahwa, setelah melakukan pengecekan dan sosialisasi ke rumah warga, pihaknya juga sekaligus memberikan sosialisasi pencegahan wabah PMK dan melaporkan kepada petugas kesehatan hewan (keswan) apabila ditemukan kambing atau sapi yang terjangkit penyakit tersebut.

“selain itu juga, Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat dan sebagai bukti bahwa kami sebagai Babinsa peduli dengan warga binaan kami, ada beberapa ekor tadi sudah kami lihat, dan alhamdulillah tidak kami temukan ciri atau gejala adanya penyakit mulut dan kuku, semua dalam kondisi sehat”, ucap Sertu Eli suprian.

“Babinsa juga menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa atau petugas keswan apabila ada hewan ternaknya mengalami tanda-tanda penyakit PMK, agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar atau di jual murah oleh pemilik sapi”, imbuhnya.

Terhadap hewan ternak yang kita miliki tetap sehat, maka kita harus menjaga kebersihan kandang dengan cara membuang kotoran nya setiap hari dan menyemprot kandang dengan menggunakan Disinfektan untuk membunuh Virus.

Diharapkan pada peternak apabila ada yang terjangkit PMK untuk pertolongan pertama adalah memberikan vitamin atau jamu kunyit dan untuk mengobati kakinya dengan cara mengoleskan oli kotor. Kebiasaan sering digunakan pada hewan ternak agar bisa sembuh.(Pras/Mr)

 

Berita Lainnya

Index