Sumatra Youth Summit Sukses, Tutup dengan Deklarasi Pemilu Damai 2024

Sumatra Youth Summit Sukses, Tutup dengan Deklarasi Pemilu Damai 2024
Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni Phd, Kapolda Riau Irjen Pol H Mohammad Iqbal SIK MH, Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy saat pembukaan Sumatra Youth Summit di Gedung Daerah Riau, Jumat (17/11/2023).

MimbarRiau.com - Cipayung Plus Riau (DPD IMM Riau, Badko HMI Riau Kepri, PW KAMMI Riau, PW Himapersis Riau, DPD GMNI Riau, Komda Sumbagteng PMKRI, PKC PMII Riau) menginisiasi agenda Sumatra Youth Summit yang dilaksanakan 17-19 November. Kegiatan ini merupakan konferensi pemuda Sumatra yang melibatkan peserta dari perwakilan provinsi di Sumatra yang tergabung di dalam kelompok Cipayung Plus dan ketua atau perwakilan Presiden Mahasiswa BEM se-Riau.

Nofra Khairon sebagai Ketua Umum DPD IMM Riau sekaligus ketua panitia pelaksanaan kegiatan mengatakan, melalui agenda pihaknya berharap menjadi wadah untuk berdiskusi serta mencari solusi terhadap problematika yang dihadapi.

“Ide-ide cemerlang itu akan dirumuskan menjadi satu kesepakatan pendapat untuk mendorong atensi pemerintah pusat terhadap Pulau Sumatra terutama Riau,” katanya.

Opening Ceremony Sumatra Youth Summit di Balai Serindit dihadiri Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni Phd, Kapolda Riau Irjen Pol H Mohammad Iqbal SIk MH, Plt Gubernur Riau diwakili Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy, Danrem diwakili Kasrem, perwakilan Kajati Riau, PJU Polda Riau serta seluruh Kapolres se- Provinsi Riau.

Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni mengatatakan, sebagai putra daerah Riau dan bagian dari Sumatra ia sangat bangga bisa menghadiri agenda.

“Kita harus merawat nalar kritis dan juga menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, teruslah menjadi mata air di tengah masyarakat,” sebutnya.

Agenda konferensi Sumatra Youth Summit dilaksanakan di Hotel Mutiara Merdeka. Dalam pertemuan ini membahas isu-isu strategis seperti, problematika penyelamatan hutan nasional, solusi terhadap konflik agraria, investasi lancar, kearifan lokal terjaga dan masyarakat tersejahterakan, transformasi gerakan mahasiswa atau pemuda menuju Indonesia Emas 2045.

Tidak hanya itu, kegiatan Sumatra Youth Summit ini puncaknya Deklarasi Pemilu Damai pada Ahad (19/11) di area CFD Pekanbaru.

Kapolda Irjen Pol H Mohammad Iqbal SIk MH mengapresiasi dukungan Cipayung Plus. Ini bukti kepedulian semua untuk mengawal Pemilu 2024 bebas, jujur, adil serta berintegritas.

“Pilihan kita boleh berbeda tapi semangat kita untuk menjaga kondisifitas dan keutuhan NKRI adalah yang utama,” sebutnya.

Diteruskan pembacaan naskah Deklarasi Pemilu Damai sebagai komitmen Cipayung Plus dan BEM se-Provinsi Riau berperan aktif mewujudkan pemilu yang langsung, jujur, bebas, aman dan rahasia. Kegiatan ini di tutup dengan penandatanganan kain putih sepanjang 100 meter sebagai komitmen mengawal Pemilu Damai.(Chdy)

Berita Lainnya

Index