Aceh Tamiang Raih Juara 3 Lomba Mengarang dan Membaca Hikayat PKA-8

Aceh Tamiang Raih Juara 3 Lomba Mengarang dan Membaca Hikayat PKA-8
Ket Fhoto : Muhammad Rezki, S.Pd, pengarang dan pembaca hikayat “Si Bubur Pedas” kontingen Kabupaten Aceh Tamiang menunjukkan piala dan penghargaan lomba Mengarang & Membaca Hikayat di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 Tahun 2023. [dok. Prokopim 2023]

Banda Aceh, MimbarRiau.com -- Kontingen Aceh Tamiang kembali menorehkan prestasi di ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8. Kali ini, kontingen kabupaten Aceh Tamiang berhasil meraih juara 3 pada cabang lomba Mengarang dan Membaca Hikayat.

Lomba tersebut diumumkan pada Jumat (10/11/23) malam di Taman Budaya Aceh, Banda Aceh. Kontingen Aceh Tamiang berhasil mengalahkan 22 kabupaten/kota lainnya yang turut berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Kabar menggembirakan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum Kontingen, Drs. Asra, melalui Koordinator Lomba Seni dan Budaya, Elisa, S.Pd, M.Pd secara singkat.

Peserta asal Aceh Tamiang yang berhasil meraih juara 3 adalah Muhammad Rizky. Rizky mengangkat ceritera "Si Bubur Pedas" dalam lomba tersebut.

Dalam ceritera tersebut, Rizky menceritakan tentang seorang pemuda yang menemukan resep bubur pedas yang sangat lezat. Bubur pedas tersebut terbuat dari 44 macam bahan rempah.

Ceritera "Si Bubur Pedas" dinilai oleh dewan juri sangat sesuai dengan tema PKA-8, yaitu "Rempahkan Bumi, Pulihkan Dunia". Ceritera tersebut mengangkat tema rempah-rempah sebagai kekayaan alam dan budaya Aceh.

Keberhasilan kontingen Aceh Tamiang meraih juara 3 pada cabang lomba Mengarang dan Membaca Hikayat disambut gembira oleh pemerintah daerah setempat.

Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, turut mengapresiasi prestasi tersebut.

"Alhamdulillah, kita bangga dengan prestasi yang diraih oleh kontingen Aceh Tamiang," kata Meurah Budiman via WhatsApp, Sabtu (11/11/23).

Meurah Budiman berharap prestasi tersebut dapat menjadi motivasi bagi kontingen Aceh Tamiang untuk meraih prestasi yang lebih baik di ajang - ajang kebudayaan lainnya.**(tarm/MR)

Berita Lainnya

Index