Bikin Jokowi Merasa Bangga, PLTS Terapung Cirata Jadi Terbesar se-Asia Tenggara

Bikin Jokowi Merasa Bangga, PLTS Terapung Cirata Jadi Terbesar se-Asia Tenggara
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan PLTS Terapung Cirata yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023). (YouTube Sekretariat Presiden)

MimbarRiau.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023). PLTS tersebut menjadi yang terbesar ketiga di Asia Tenggara.

PLTS Terapung Cirata berkapasitas 192 Megawatt Peak (MWp).

"Kita berhasil membangun salah satu pembangkit listrik tenaga surya terapung yang terbesar di Asia Tenggara dan nomor tiga (di dunia)" kata Jokowi dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis.

Jokowi merasa bangga melihat PLTS Terapung di Cirata sudah selesai dan bisa dioperasikan. Selain itu, PLTS tersebut juga disebutnya bisa menjadi sumber pasokan energi hijau.

"Jadi, nanti tenaga airnya bisa untuk energi hijau juga, saya gembira dan bangga melihat PLTS terapung di Cirata ini telah selesai," tuturnya.

Menurutnya, PLTS Terapung Cirata itu hasil kerja sama antara Kementerian BUMN, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), PLN hingga Masdar Uni Emirate Arab.

Masdar ialah perusahaan yang berfokus pada pengembangan, investasi, dan operasi proyek-proyek energi terbarukan dari Arab Saudi.

Jokowi menyebut PLTS Terapung Cirata adalah mimpi besar Indonesia bisa membangun pembangkit energi baru terbarukan dalam skala besar.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi membicarakan soal potensi energi terbarukan. Menurutnya, Indonesia mampu memanfaatkan potensi tersebut dari teknologi yang tersedia, seperti pembangkit energi bertenaga surya dan angin.

"Ini juga ada pembangkit angin. Dalam prosesnya ada tantangan cuaca memang, tapi bisa kita atasi dengan membangun smard grid, sehingga meskipun cuaca berubah-ubah, listriknya tetap stabil," ujarnya. (Chdy)

Berita Lainnya

Index