Gebyar Panen Karya di SMAN 3 Torgamba Tampilkan Kearifan Lokal

Gebyar Panen Karya di SMAN 3 Torgamba Tampilkan Kearifan Lokal

TORGAMBA, Mimbarriau.com -- Gebyar panen karya di SMAN 3 Torgamba kec Torgamba Kab Labuhan Batu Selatan Prov Sumatra Utara, banyak menampilkan kreasi dan hasil kerja anak-anak SMAN 3 Torgamba, Rabu (25/10/2023) sekira pukul 10.00 wib pagi hari.

Adapun kreasi murid anak SMAN 3 Torgamba menampilkan panen kerja lokal, diantaranya ES, tape gula merah, bolu tape dua rasa, donat tape, tape goreng crispy, gabin tape dan lumpia tape, begitu juga kreasi bakat.

Tari manuk dadali, tari marhusip, tari anak namboru, tari imatutu, tari tolu sahundulan, tari zapin melayu, ini semua di bina dan di latih oleh dewan guru-guru SMAN 3 torgamba.

Di awal pembukaan acara disambut dengan tarian, yang di tampilkan oleh anak SMAN 3 dengan peserta 8 orang, dan selanjutnya menyanyikan lagu indonesa raya disambung dengan lagu padamu negeri.

Agar acara selalu berjalan dengan penuh ridho dari yang maha kuasa, pembacaan doa yang di bacakan oleh bapak dedek, selanjutnya pembacaan profil SMAN 3 Torgamba, sesudah selesai pembacaan profil sekolah, langsung di berikan kata sambutan dari ketua panitia ibu Intan.

Dalam isi sambutanya ibu intan tetap memberikan kesan yang positif, kemudian setelah itu di beri juga waktu dan tempat kepada ibu kepsek SMAN 3 Torgamban untuk memberikan arahan dan masukan,(ibu Siti Norajiyah.S.pd.M.Pd), isi sambutan ibu kepsek menerangkan bahwa program ini sesuai dengan rangkaiyan kurikulum merdeka, dan berharap agar anak-anak nantinya memiliki karakter yang mandiri dan juga karakter pancasila.

Lain pula dengan kata sambutan ibu pengawas dari kementrian agama labuhan batu selatan, tetap menyuarakan moderasi beragama, supaya anak-anak selalu taat dan ingat bahwa bangsa kita adalah bangsa yang berbineka tunggal ika, banyak ragam agama dan ras.

Namun kalau kata sambutan dari perwakilan dari PTPNusantara III tepatnya dari kantor tanaman sei daun, mencanangkan progres yang sangat baik, supaya anak-anak tetap semangat belajar dan jangan pernah menghianati orang tua, "pungkasnya singkat.

Masih mengenai kata sambutan, kali ini mewakili orang tua siswa/siswi ini diambil alih oleh ibu sinu haji, tetap menyuarakan dan menyemangati anak-anak SMAN 3 untuk tetap belajar dan belajar sesuai arahan dan komando guru-guru agar tercapai cita-cita sesuai keinginan masing-masing cetusnya singkat.

Dan yang terakhir mengenai kata sambutan, so pasti dari pak komite sekolah pak Surbakti, ini menceritan tentang berdirinya sekolah hingga saat ini, dulunya saya seorang karyawan, dan yang terakhir menjadi pemupuk yang notabene BHL, namun karena kepercayaan masyarakat bisalah saya memimpin desa (kades) selama 16 tahun, di situlah saya rancang untuk mendirikan SMAN 3 Torgamba ini di atas lahan PTPNusantara III ternyata berhasil sampai sekarang, terima kasih itu berkat dukungan-dukungan dari masyarakat semuanya.

Masih kata bapak Surbakti, jadi anak-anak kami semuanya, semangatlah belajar jangan sia-siakan perjuangan orang tua mu ya nak, karena tidak ada yang mustahil, semua mungkin terjadi seperti saya ini, hingga saat ini masih bisa menjabat anggota dewan berkat perjuangan dan selalu patuh kepada orang tua, "cetusnya.

Selanjutnya pemotongan pita, membuka semua kegiatan ini langsung di berikan tempat dan waktu kepada semua undangan dan para tamu-tamu penting yang di undang, dan langsung melihat dan menikmati kuliner-kuliner makanan yang di buat anak-anak SMAN 3 Torgamba.

Kemudian di sambung dengan persembahan-persembahan tarian hingga selesai, dan semua rangkaian acara demi acara berjalan dengan baik dan kondisif hingga selesai. (Manik/MR)

 

Berita Lainnya

Index