Vietnam Juara Piala AFF U-23 Lewat Adu Penalti, Indonesia Runner Up

Vietnam Juara Piala AFF U-23 Lewat Adu Penalti, Indonesia Runner Up
Timnas Indonesia U-23 kalah adu penalti dari Vietnam di final Piala AFF U-23 2023. (Dok. PSSI)

MimbarRiau.com, Jakarta -- Timnas Indonesia U-23 jadi runner up Piala AFF U-23 2023 usai kalah dramatis dari Vietnam lewat adu penalti di Stadion Rayong, Sabtu (26/8). Vietnam juara Piala AFF U-23 usai menang adu penalti 6-5.

Vietnam langsung mengambil inisiatif menyerang pada extra time babak pertama. Akan tetapi umpan silang mendatar Vietnam dari sisi kanan tidak begitu membahayakan Indonesia.

Sebaliknya, Indonesia melakukan serangan balik melalui Robi Darwis dari sisi kanan. Hanya saja umpan silang Robi tidak akurat.

Terjadi kemelut di kotak penalti pada menit ke-98. Akan tetapi bek Muhammad Ferarri tidak bisa memberikan bola kepada rekannya, hilang peluang Indonesia.

Berbeda dengan laga selama 90 menit, pada babak extra time ini lini tengah Indonesia tidak berjalan efektif. Rifky Dwi Septiawan dan Beckham putra yang jadi motor di lini tengah dalam 90 menit ditarik keluar.

Pada menit ke-94 tembakan pemain Vietnam dari luar kotak penalti Indonesia membentur pemain belakang Garuda Muda dan menghasilkan sepak pojok.

Tendangan voli Dinh Xuan Tien pada menit ke-108 masih melayang di atas gawang Indonesia.

Indonesia memiliki peluang melalui Ramadhan Sananta pada menit ke-111, akan tetapi upaya Ramadhan Sananta diblok kiper Quan Van Chuan.

Bola rebound kembali didapat Indonesia melalui Frengky Missa. Namun tendangan kaki kanan Frengky masih melebar di sisi kiri gawang Vietnam.

Jeam Kelly Sroyer mendapatkan peluang emas pada menit-menit akhir. Tembakan Jeam Kelly membentur tiang kiri gawang lawan. Akan tetapi hakim garis mengangkat bendera tanda Jeam Kelly offside.

Skor tetap imbang 0-0 hingga akhir babak extra time, laga berlanjut ke adu penalti.

Dewangga yang jadi eksekutor pertama Indonesia mengecoh kiper Quan Van Chuan dengan menempatkan bola ke sisi kiri bawah gawang.

Vietnam menyamakan skor adu penalti 1-1 berkat gol Nguyen Duc Viet. Ernando Ari bisa membaca arah bola, namun tidak bisa mencegah gol.

Arkhan Fikri jadi penendang penalti kedua Indonesia. Tendangan keras Arkhan bawa Indonesia unggul 2-1. Dinh Xuan Tien menyamakan skor jadi 2-2.

Indonesia kembali unggul 3-2 berkat penalti Frengky Missa ke sisi kiri gawang Vietnam. Kiper Van Chuan bergerak ke sisi kanan.

Vietnam lagi-lagi memberikan perlawanan, Le Nguyen Goang mengubah kedudukan imbang 3-3. Jeam Kelly Sroyer membawa Indonesia unggul 4-3.

Tendangan Tram Nam Hai mengecoh Ernando Ari, skor penalti lagi-lagi imbang 4-4. Ramadhan Sananta jadi penendang terakhir Indonesia dalam lima penendang pertama.

Sepakan Sananta ke sisi kanan tidak bisa digagalkan Van Chuan, Indonesia unggul 5-4. Vietnam kembali membuat skor imbang 5-5 melalui Luong Duy Cuang.

Ernandi Ari jadi penendang terakhir. Tetapi tendangan Ernando ke sisi kiri digagalkan Van Chuan. Vietnam juara Piala AFF U-23 2023 setelah Thai Ba Dat menaklukkan Ernando. Vietnam menang adu penalti atas Indonesia 6-5.

(Zha)

Berita Lainnya

Index