Pemasangan Tanjak dan Selempang oleh Ketua LAK Yusri Kepada Kapolda Riau

Pemasangan Tanjak dan Selempang oleh Ketua LAK Yusri Kepada Kapolda Riau

Kampar, MimbarRiau.com -- Launching Polisi RW dengan tema "Pengembangan Strategi Polmas di Polres Kampar dan Jajaran", bertempat di Lapangan Pelajar Bangkinang, Rabu tanggal 14 Juni 2023 sekira pukul 07.30 WIB.

Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK), Drs Yusri MM lakukan pemasangan Tanjak dan Selempang kepada Kapolda Riau diwakili Karo Rena Polda Riau KBP Novi Irawan, S.I.K.,M.H.

Giat launching dihadiri oleh Kapolda Riau diwakili oleh Karo Rena Polda Riau KBP Novi Irawan, S.I.K.,M.H, Pj. Bupati Kampar M. Firdaus, S.E,M.M, Kapolres Kampar AKBP Didik Priyo Sambodo, S.I.K, Dandim 0313 / KPR LETKOL Arh. Mulyadi, Ketua DPRD Kab. Kampar Muhammad Faisal, S.T, Kepala Kejaksaan Negeri Kampar Sapta Putra, S.H.,M.H, Ketua Pengadilan Agama Bangkinang Rahmat Arijaya, S.Ag.,M.Ag, Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang diwakili oleh Wakil Ketua PN Andri Simbolon, S.H.,M.H, Ketua LAK Kab. Kampar Drs. Yusri, M.M, Kepala OPD di lingkungan Pemda Kampar, Tokoh Agama, tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat, Para Camat se - Kab. Kampar, Para Kepala Desa se - Kab. Kampar, Para tamu undangan.

Kedatangan Pejabat Utama disambut dengan kesenian bela diri Pencak Silat dan pemasangan Tanjak kepada Karo Rena, Tari Persembahan, Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pemasangan Ban lengan, rompi dan pembagian buku saku terhadap perwakilan Polisi RW, Pernyataan Launching Polisi RW oleh Pj. Bupati Kampar dilanjutkan dengan menekan Tombol sirine launching Polisi RW, Pembacaan Doa, Penampilan Tari, Launching Polisi RW Polda Riau dilakukan secara virtual.

Kapolda Riau dalam sambutannya mengatakan, Polisi RW adalah bagian dari upaya Polri untuk lebih dekat kepada masyarakat. Nantinya Polisi RW akan berkoordinasi dengan Jajaran pemerintahan paling bawah di masyarakat yaitu Ketua RW dan Ketua RT dan tetap bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa. Polisi RW akan bertugas di daerah tempat tinggalnya masing - masing.

Kemudian sambutan Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.Si, Hari ini kita melaksanakan kegiatan launching Polisi RW secera serentak. Terbentuknya Polisi RW ini gunanya untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat yang aman dan berperan aktif langsung dalam penyelesaian permasalahan yang ada di masyarakat.

Lanjutnya, Polisi RW dalam menjalankan tugas harus sesuai dengan aturan hukum yang sudah berlaku dan menjadi teladan lingkungan masyarakat agar dalam pelaksanaan tugas bisa terlaksana dengan baik.

Kami menghimbau kepada seluruh unsur yang ada di masyarakat agar berperan dan membantu Polisi RW dalam pelaksanaan tugas di lingkungan masyarakat.

Polisi RW dan masyarakat diharapkan dapat mengurangi penyakit masyarakat dan dapat mendeteksi secara dini terhadap penyakit masyarakat.

Polisi RW dan masyarakat diharapkan dapat mensukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi tahun 2024 yaitu Pemilu Tahun 2024, jaga netralitas dan awasi setiap tahapan pemilu supaya menjadi Pemilu yang adil, tertib dan aman serta hasilnya dapat diterima oleh masyarakat. "Tutur Syamsuar.

Selanjutnya sambutan dan Arahan Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol. Hary Sudwijanto, S.I.K., M.Si.

"Terimakasih kami ucapkan kepada semua pihak yang sudah sangat antusias pada pelaksanaan launching Polisi RW ini, Polisi RW dicanangkan oleh bapak Kabaharkam Polri yang bertujuan untuk hadir di lingkup masyarakat yang lebih kecil di lingkungan masyarakat agar bisa membantu dalam penyelesaian masalah yang ada di masyarakat".

"Karena petugas Polisi RW ini di tempatkan di lingkungan tempat tinggal petugas Polisi RW itu sendiri dengan harapan masyarakat setempat bisa memberi informasi sebanyak dan secepat mungkin kepada petugas Polisi RW yang berhubungan dengan penyakit dan gangguan Kamtibmas di masyarakat".

"Pada orientasi dilapangan Polisi RW ini untuk memaksimalkan fungsi Bhabinkamtibmas yang saat ini masih sejumlah sekitar 40% dari jumlah desa yang ada di seluruh Indonesia".

"Sekali lagi kami mengucapkan selamat kepada seluruh unsur terkait yang adanya Provinsi Riau terutama Forkompinda Prov. Riau sudah melaksanakan launching Polisi RW di Provinsi Riau karena belum semua Provinsi yang melaksanakan". " Tutup nya.

Giat berakhir pukul 09.45 Wib dalam keadaan aman dan terkendali. (Fa/MR)

 

#Polda Riau

Index

Berita Lainnya

Index