Ormas LMP, Diinisiasi Piagam Penghargaan oleh Kodam XVII Cendrawasih Papua

Ormas LMP, Diinisiasi Piagam Penghargaan oleh Kodam XVII Cendrawasih Papua

MimbarRiau.com, Jakarta -- Markas Besar Laskar Merah Putih kepemimpinan Ketua Umum H. Adek Erfil Manurung, SH. MH mendapat penghargaan dari Tentara Nasional Indonesia sebagai KREATOR PEMBANGUNAN TUGU PANCASILA TANAH PAPUA.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menginisiasi piagam penghargaan untuk Ormas Laskar Merah Putih yang di tanda tangani oleh Brigadir Jendral TNI J.O. Sembiring, S.H., S.E., M.M., selaku Danrem 172/PWY. Abepura, 12 Mei 2023.

Ketua Umum H. Adek Erfil Manurung mengapresiasi setinggi-tingginya atas pemberian piagam penghargaan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat papua khususnya Panglima dan Danrem 172/PWY.

"Tugu Pancasila hanya terbuat dari batu dan semen tetapi sebenarnya ada nilai yang disampaikan, bahwa apabila ingin mengubah sesuatu menjadi lebih baik tentu landasan yang harus dibangun bersama adalah persatuan, kesatuan, dan kebersamaan dalam bingkai NKRI harga mati" kata H. Adek Erfil di sela kunjungan di Kota Makassar, Senin (15/5/2023).

"Peresmian Tugu Pancasila pada 1 Mei 2023 karena tanggal tersebut merupakan sejarah kembalinya Papua Barat ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tanggal 1 Mei 1963 para leluhur kami bersatu membela kebebasan dari penjajah sehingga pesan dari leluhur harus tetap dilanjutkan dengan tetap menjaga Papua dalam bingkai NKRI," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa di Tugu Pancasila di Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua. Senin (15/5/2023).

Menurut Panglima Kodam XVII/Cendrawasih, jika ada yang mengatakan bahwa Papua bukan bagian dari NKRI maka, hal tersebut merupakan kesalahan sehingga pihaknya mengajak seluruh masyarakat di Bumi Cenderawasih itu terus membangun Tanah Papua.

Ketua Umum Laskar Merah Putih menjelaskan, dengan adanya Tugu Pancasila yang telah diresmikan, diharapkan semua masyarakat Papua dapat terus bersama-sama pemerintah daerah setempat membangun Tanah Papua.

"Dengan adanya tugu ini, melambangkan bahwa Papua sudah menjadi bagian dan kembali ke Pangkuan Ibu pertiwi. Semua sudah selesai dan Final, untuk itu kepada generasi muda, jangan pernah berhenti belajar dan mencintai NKRI," kata Wilhelmus Rollo, SH. Ketua Markas Daerah Papua.

Bupati Keerom, Piter Gusbager mengatakan, tugu Pancasila yang yang diresmikan Kodam XVII Cenderawasih, akan menjadi sejarah untuk seluruh masyarakat Papua L M P Papua.

"Sehingga situasi yang ada di Papua, khususnya di Kabupaten Keerom saat ini ke depan akan menjadi lebih baik yang diawali dengan berdirinya Tugu Pancasila," kata Neneng Sekjen Laskar Merah Putih.

Ketua Majelis Tinggi Dewan Pendiri Laskar Merah Putih Hafeezul Awan berpesan, dengan demikian apa pun latar belakang seseorang tetapi ketika melihat Tugu Pancasila, maka menjadi warga Kabupaten Keerom dan berkewajiban memiliki rasa membangun serta kepedulian mensejahterakan masyarakat Papua. (Us/Fa/MR)

 

#DPD LMP Riau

Index

Berita Lainnya

Index